KELAS 4 (PANTANG MENYERAH) 24-03-2020


PELAJARAN 8


(PANTANG MENYERAH)





Anak-anak, pernahkah kamu bayangkan, jika harus berangkat ke sekolah dengan menyeberangi sungai melalui jembatan yang hanya terdiri dari beberapa titian bambu? Pernahkah kamu berputus asa ketika mengerjakan tugas sekolah yang sulit? Anak yang semangat tidak cepat berputus asa dan gampang menyerah ketika menemui kesulitan. Mudah menyerah menjadikanmu kalian tidak sabar.



Bukti sikap pantang menyerah antara lain:

1. tetap semangat mengerjakan tugas sekolah, dan

2. suka bekerja, tidak boleh berdiam diri.



Pengertian Pantang Menyerah



Pantang menyerah terdiri dari dua kata yaitu pantang dan menyerah. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, pantang berarti hal (perbuatan) yang terlarang menurut adat atau kepercayaan, sedangkan menyerah adalah berserah; pasrah; kita tidak mampu berbuat apa-apa selain dari-kepada Tuhan Yang Mahakuasa. Secara terminologi (menurut istilah), pantang menyerah adalah tidak mudah putus asa dalam melakukan sesuatu, selalu bersikap optimis, mudah bangkit dari keterpurukan.



Sikap pantang menyerah merupakan cerminan bangsa Indonesia. Para pahlawan Indonesia memiliki sikap pantang menyerah dalam membela negara. Contohnya, Ir. Soekarno, beliau tidak takut menyuarakan kebenaran demi merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah meskipun banyak rintangan yang harus dihadapi beliau tetap saja mencoba dan mencoba sampai akhirnya Indonesia berhasil merdeka. Kita sebagai penerus bangsa patut meneladani sikap pantang menyerah yang diwariskan para leluhur demi mempertahankan kesatuan dan keutuhan negara Indonesia.



CIRI-CIRI ORANG PANTANG MENYERAH

1.    Perilaku kerja keras

2.    Perilaku keyakinan diri/optimis

3.    Perilaku kemauan keras/semangat

4.    Perilaku berjiwa sabar dan tidak putus asa

5.    Perilaku selalu ingin maju

6.    Perilaku senang dengan pekerjaannya

7.    Perilaku selalu mencari sesuatu yang baru


=====================================================

AYO SIMAK PENJELASAN BERIKUT !!!


=========================================================

MARI KERJAKAN TUGAS
KLIK !!!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama