Asmaul Husna As Salam

Pelajaran 12

Asmaul Husna

As-Salam

 

As-Salam artinya Allah Maha pemberi keselamatan.

Allah Swt. menyelamatkan setiap hamba-Nya dari berbagai kesulitan. Keselamatan hanya milik Allah Swt. Hanya Allah yang dapat memberi keselamatan. Kita harus selalu memohon dan berdo'a hanya kepada Allah Swt., agar diberi keselamatan dan dijauhkan dari perbuatan tercela kepada orang lain.

 

Allah Swt. berfirman dalam Q.S. Al-Hasyr/59 ayat 23 :

 

Artinya : “Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan, Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.”

 

A.   Pengertian Asmaul Husna As-Salam

As-Salam diambil dari kata “Salima” yang berarti keselamatan dan keterhindaran dari segala yang tercela.

Allah As-Salam artinya Allah Maha Pemberi keselamatan bagi makhluk-makhluk-Nya. Dialah pemberi kedamaian dan ketentraman. Dia melindungi hamba-Nya yang memohon pertolongan kepada-Nya.


Simak juga video berikut...!


B.   Meneladani Asmaul Husna As-Salam

Sekarang, bagaimana meneladani nama dan sifat Allah As-Salam ?

Meneladani nama dan sifat Allah As-Salam berarti kita harus menebarkan kedamaian dan keselamatan kepada siapapun juga. Kita tidak boleh berbuat sesuatu yang dapat meresahkan, apalagi mencelakakan orang lain.

 

Sebaliknya, kita di perintahkan untuk menebarkan ketentraman dan keselamatan untuk orang lain sehingga hidup mereka menjadi tentram dan damai. Bahkan, kepada orang yang tidak baik sekalipun, kita tetap dituntut untuk menebarkan keselamatan kepadanya.

 

Al-Qur’an menegaskan :

Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” (Q.S. Al-Furqon/25 : 63)

 

Salam di ayat tersebut memiliki arti kita diperintahkan untuk mengucapkan kata-kata keselamatan atau mendoakan kebaikan kepadanya.


Ciri-ciri perilaku yang sesuai dengan Asmaul Husna As-Salam :

1. Menghindari iri, dengki, dan perbuatan jahat kepada orang lain

2. Tidak mencelakakan orang lain

3. Menolong dengan ikhlas

4. Selalu berdoa untuk memohon pertolongan Allah

5. Tidak mencela atau menghina teman



Bersahabat dengan teman
Selalu mendoakan dirinya dan orang lain
============================
Setelah Ananda membaca materinya
Yuk kita latihan soal
Kerjakan Soal di bawah ini ya... !

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama