Kegiatan Halal Bihalal PGRI Kecamatan: Mewujudkan Ukhuwah Islamiyah dan Wathoniyah di Lingkungan Pendidikan Kecamatan Jatinegara



Oleh: Muhammad Zuhri, S.Pd.I (Guru SDN Cipinang Besar Selatan 12)

Kecamatan Jatinegara, 23 Mei 2023


Pada tanggal 23/5/23, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kecamatan Jatinegara menyelenggarakan acara Halal Bihalal sebagai bagian dari tradisi lebaran yang dilakukan setiap tahun. Acara ini diadakan dengan tujuan mempererat silaturahmi antara para guru, staf administrasi pendidikan, dan para tokoh pendidikan di kecamatan ini. Selain itu, acara ini juga menjadi sarana untuk meningkatkan mempererat tali silaturahmi di kalangan anggota PGRI Kecamatan Jatinegara, K3S, dan juga semua GPAI di Kecamatan Jatinegara. Sesuai dengan tema kegiatan yaitu  mewujudkan ukhuwah Islamiyah dan wathoniyah di lingkungan pendidikan kecamatan jatinegara.




Acara Halal Bihalal PGRI Kecamatan Jatinegara dihadiri oleh sekitar 300 peserta yang terdiri dari guru-guru PAUD, TK, SD, SMP, SMA/SMK baik Negeri atau Swasta, K3S, GPAI kecamatan Jatinegara, staf administrasi pendidikan, dan tokoh pendidikan lainnya. Seperti Bapak Drs. H. Rimbo Irianto, M.Pd. Acara ini diadakan di Masjid Al-Iman (Jl. Cipinang Elok II Blok V/9, Cipinang Muara, Kec. Jatinegara) pada pukul 07.30WIB hingga selesai. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua PGRI Kecamatan Drs. Darmono, MM, yang mengungkapkan pentingnya menjaga silaturahmi dan semangat persatuan di kalangan anggota PGRI. Beliau juga menekankan pentingnya mewujudkan ukhuwah Islamiyah dan wathoniyah di lingkungan pendidikan kecamatan jatinegara.




Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh Ketua Satuan Pelaksana Kecamatan Jatinegara Bapak Drs. H. Nasrudin, MA.Pd. Beliau mengingatkan pada kesempatan yang berbahagia ini kepada seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan di wilayah Jatinegara agar totalitas dalam memberikan pelayanan kepada peserta didik kita. Dan selalu sabar dalam melayani mereka, jangan sampai mereka kurang puas dan akhirnya dibawa ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk itu, kita selalu berikan pelayanan yang terbaik agar pendidikan di negeri kita ini tercapai sesuai amanat undang-undang 1945. Pada kesempatan tersebut juga Ketua Yayasan Al Iman Bapak Ir. H. Imron Asjhari memberikan sambutan dengan mengenalkan program-program yang dimiliki serta hal-hal yang sudah didapat oleh Yayasan Al-Iman.




Tidak hanya itu, acara Halal Bihalal ini juga menghadirkan pemateri atau narasumber yang kompeten. Beliau termasuk pengisi acara di Televisi Islam Itu Indah Trans TV. Narasumber ini memberikan paparan dan diskusi mengenai pengalaman pribadi juga perkembangan terkini dalam dunia pendidikan serta strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kecamatan Jatinegara. Para peserta dengan antusias mengikuti paparan dan diskusi ini, karena mereka menyadari pentingnya terus mengasah dan meningkatkan kemampuan sebagai pendidik. Terlebih lagi dalam menyikapi profesinya sebagai guru yang ikhlas dalam memberikan ilmu.




Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan penyelenggaraan acara ini. Setelah itu, dilakukan prosesi saling memaafkan antara peserta acara sebagai wujud toleransi dan kebersamaan. Para peserta juga berkesempatan untuk berbagi cerita dan pengalaman selama libur lebaran, sehingga terjalinlah hubungan yang lebih dekat antar anggota PGRI Kecamatan Jatinegara.

Acara Halal Bihalal PGRI Kecamatan Jatinegara berakhir


Hidup PGRI… Hidup Guru… Solidaritas, Yes!!!




Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama