SUKSES PILDACIL KECAMATAN JATINEGARA



KKGPAI Jatinegara- Bertepatan dengan bulan ramadhan yang mulia sekaligus  merawat  semangat peserta didik dalam kegiatan keagamaan. Peserta didik dilatih untuk berkompetisi mengejar prestasi walaupun sedang melaksanakan ibadah puasa yaitu melaksanakan Lomba Pemilihan Da'i Cilik (Pildacil) Kecamatan Jatinegara. Yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (KKG PAI - SD ) Kecamatan Jatinegara. Dengan mengusung Tema : "Ramadhan Ceria Berkah". Lomba Lomba Pemilihan Da'i Cilik Jenjang Sekolah Dasar Kecamatan Jatinegara ini digelar pada Tanggal 3 April 2023 di Kantor Kasatlak Kecamatan Jatinegara dan diikuti oleh 27 peserta baik Sekolah Negeri atau pun Swasta kategori Putra dan Putri dari wilayah Kecamatan Jatinegara.

Ketua Panitia Dr. Hj. Siti Rahmi, M.Pd.I dalam laporannya di Aula Kasatlak Jatinegara, Senin (3/4/2023) mengucapkan syukur kepada Allah Swt atas terselenggaranya kegiatan Ramadhan Ceria Berkah, berkat dukungan dari Kasatlak, Korwas, K3S dan Ketua PGRI Kecamatan Jatinegara. Dan Beliau juga mengucapkan rasa terimakasih atas kerjasama dari Guru PAI Kecamatan Jatinegara seluruhnya. 

Pada sambutannya, Beliau memberikan pandangan bahwa "anak-anak yang ikut lomba pada hari ini adalah anak-anak yang hebat dan istimewa karena tidak semua anak atau orang dapat bisa menyampaikan terlebih lagi dalam hal ajaran Islam. Untuk itu tunjukkanlah kemampuan kalian dengan sebaik-baiknya." 

Kemudian Beliau melaporkan bahwa peserta Pildacil yang diikuti keseluruhannya berjumlah 27 peserta. yaitu : Putra 13 dan Putri 14. dan diikuti oleh Binaan I ada 8 peserta, Binaan II ada 4, Binaan III ada 5, Binaan IV ada 4, dan Binaan V ada 6 peserta. 

Dari jumlah keseluruhan peserta ini, maka Beliau memaknai filosofi dari 27 derajat dalam shalat. Karena kerjasama seluruh elemen, mulai dari Kasatlak, Korwas, K3S, PGRI dan GPAI maka kegiatan ini menjadi berkah dan sukses.



Ramadhan Ceria Berkah dibuka oleh Bapak kasatlak Kecamatan Jatinegara yaitu Drs. H. Nasrudin, MA.Pd. Beliau mengatakan kepada para peserta agar selalu semangat karena kalian akan menjadi penerus dan para penyampai kebaikan dan wawasan ilmu agama Islam ke seluruh alam. Dan kegiatan ini kedepan akan menjadi program ramadhan, biasanya sekolah dasar lombanya adalah azan. Namun pada masa-masa sekarang ada perubahan yang signifikan yaitu sekolah dasar mengadakan lomba pildacil. Untuk itu, anak-anak harus siap dan belajar dengan melihat acara da'i atau da'iyah yang ada di televisi.

Adapun peserta lomba Pemilihan Da'i Cilik kategori putra Juara I dimenangkan oleh Rafka Bima Pratama dari SDN Cipinang Besar Selatan 04, Juara II Ferdiansyah Raditya dari SDN Rawabunga 11, Juara III di menangkan oleh Muhammad Azka Azri dari SDN Cipinang Cempedak 07.

Kemudian, peserta lomba Pemilihan Da'i Cilik kategori putri Juara I dimenangkan oleh Shakeela Afiqah Zahra dari SDN Cipinang Cempedak 01, Juara II oleh Angela Talitha Laila Putri dari SDN Cipinang Cempedak 02, dan Juara III Zahra Ali Bisyir dari SDN Cipinang Cempedak 07.



Menambahkan dari GPAI Kecamatan Jatinegara, Bapak Indra Zahari, S.Ag "Alhamdulillah kegiatan pildacil hari ini sukses pelaksanaannya. Peserta, peninjau dan guru pendamping puas dengan hasil keputusan dewan juri. Juri bekerja dengan profesional hasilnya akurat dan dapat di pertanggung jawabkan." (Muhammad Zuhri, S.Pd.I)

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama